Kamis, 27 Desember 2012

Provinsi Jawa Barat

Jawa Barat dengan populasi diperkirakan berkembang pesat dari sekitar 45 juta, adalah provinsi yang paling padat penduduknya dan paling padat penduduknya di Indonesia, dan bagian-bagian itu terdiri dari pinggiran kota belum padat pinggiran Jakarta. Bogor, sebuah kota di Jawa Barat, memiliki kepadatan penduduk tertinggi ke-2 di seluruh dunia, sedangkan Depok dan Bekasi adalah pinggiran kota yang paling padat penduduknya 7 dan ke-12 di dunia. Terletak di pulau Jawa, itu adalah sedikit lebih kecil daripada di daerah padat penduduk Taiwan, tetapi dengan hampir dua kali lipat penduduk. Ibukota dan pusat perkotaan terbesar adalah Bandung.

Jawa Barat perbatasan Jakarta dan Provinsi Banten di sebelah barat, dan Jawa Tengah di sebelah timur. Di sebelah utara adalah Laut Jawa. Di selatan adalah Samudera Hindia. Tidak seperti kebanyakan provinsi lain di Indonesia yang memiliki modal mereka di daerah pesisir, ibukota provinsi, Bandung, terletak di daerah pegunungan di tengah provinsi. Provinsi Banten dulunya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat melainkan diciptakan sebagai provinsi yang terpisah pada tahun 2000. Jawa Barat, di ketiga barat padat penduduk Jawa, adalah rumah bagi hampir 1 dari setiap 5 orang Indonesia.

Jawa Barat dan provinsi Banten, sebagai bagian dari Cincin api, memiliki gunung berapi dan lebih daripada provinsi lainnya di Indonesia. Wilayah pegunungan yang luas vulkanik dari pedalaman Jawa Barat secara tradisional dikenal sebagai Parahyangan (juga dikenal sebagai Priangan atau Priangan) yang berarti "The tempat tinggal hyangs (dewa)". Hal ini dianggap sebagai jantung dari masyarakat Sunda. Titik tertinggi dari Jawa Barat adalah stratovolcano Gunung Cereme (3.078 meter) berbatasan Kuningan dan Majalengka Kabupaten. Jawa Barat memiliki tanah vulkanik yang kaya dan subur. Pertanian, khususnya tradisional budidaya padi kering (dikenal sebagai ladang), telah menjadi cara utama kehidupan masyarakat tradisional Sunda. Karena VOC kolonial dan zaman Hindia Belanda, Jawa Barat telah dikenal sebagai daerah perkebunan yang produktif untuk minum kopi, kina, teh, dan banyak tanaman lainnya. Wilayah pegunungan Jawa Barat juga merupakan produsen utama sayuran dan tanaman hias berbunga. Situs tropis cerah dengan suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah sering di hampir seluruh Jawa Barat dan Banten kecuali di bagian utara (Jawa laut pantai). Lanskap procine adalah salah satu gunung berapi, tanjakan curam, hutan, sungai pegunungan, lahan pertanian yang subur, dan pelabuhan laut alami.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar